Wednesday, July 13, 2016

Perjuangan Belum Berakhir

Salam sejahtera untuk pembaca sekalian. Tak kenal maka tak sayang, jadi gue kenalin diri dulu aja. Nama di KTP gue Alfinsa Eka Pratama, biasa dipanggil Alfin, Alfinsa, Wotz juga boleh. Awal mula gue melihat dunia ini delapan belas tahun lalu. Di tahun 2016 ini, gue baru aja lulus SMA di salah satu sekolah di Kabupaten Tangerang. Gue mau sedikit cerita tentang perjalanan gue setahun belakangan, tepatnya ketika gue duduk di kelas 12 dan pastinya lagi nyiapin ujian-ujian, termasuk UN dan SBMPTN. Ngomong-ngomong, dari SMP gue udah tertarik ke arah sosial gara-gara guru IPS gue asik banget ngajarnya. Seru aja ngediskusiin hal-hal berbau sosial mulai ngomongin kenapa Indonesia masih jadi negara berkembang, kenapa lingkungan sosial di setiap daerah berbeda-beda, dll masih banyak lagi gue gak terlalu inget. Makanya di SMA gue dengan lantang dan lugas milih IPS waktu pemilihan jurusan di kelas 10. By the way sekolah gue pake Kurikulum 2013 di tahun ajaran 13/14 jadi langsung penjurusan di kelas 10.

Waktu gue kelas 12, gue udah mulai fokus ngejar kuliah. Destinasi kuliah gue adalah Manajemen UI atau Manajemen UNPAD. Entah sih kenapa dua kampus itu, menurut gue keren aja kuliah di situ. Temen-temen gue juga mulai banyak yang bimbel. Gue lebih milih gak bimbel karena bimbel ditambah sekolah bakal capek juga. Apalagi gue orangnya males stadium empat. Akhirnya gue nemu something called Zenius di Gramedia. Setelah gue liat video demo matematikanya Wisnu, widih keren parah. “Nah ini yang gue cari, belajar layaknya bercerita. Gue banget deh. Gak perlu bimbel ini mah.” Pikir gue dalam hati. Cuss langsung bawa pulang Zenius Xpedia IPS.
ZENIUS

Gue mulai belajar SBMPTN bulan Agustus 2015. Di awal gue mulai dari hal-hal yang sifatnya fundamental yaitu Zenius Learning; mencakup dasar-dasar berpikir, memotivasi diri, bagaimana cara belajar dengan benar, manajemen waktu, dan sebagainya. Bagian ini harus didalemin bener-bener karena efeknya kerasa di otak secara gak sadar. Bagian Zenius Learning Guide gue belum membagi jadwal sih, selesain aja. Jangan sampe ada yang dilewat juga, semua yang ada di sini penting pake banget, hehehe. Selesai di Zenius Learning, mulai ke Basic Skills. Bagian ini termasuk bagian fundamental juga seperti bagaimana cara mengategorikan sesuatu, bagaimana bermatematika dengan benar dan menyenangkan, memodelkan secara matematis, berpikir saintifik dan sosial, dan masih banyak lagi deh.

Mulai di bagian Basic Skills gue menerapkan sistem bab yang berbeda per harinya. Setiap hari gue belajar udah tersusun bab apa aja yang akan gue pelajari selama satu minggu. Babnya gue susun berdasarkan jumlah kontennya. Semakin banyak konten akan gue taruh di hari Jumat sampe Minggu dan semakin sedikit konten akan gue taruh di hari Senin sampe Kamis. Alasannya simpel, Jumat sampe Minggu waktu gue di rumah lebih banyak, cukup buat belajar banyak materi. Sedangkan Senin sampe Kamis waktu gue lebih banyak di sekolah, agak sulit buat belajar kecuali nyempet-nyempetin, hehe.

November dan seterusnya mulai coba-coba belajar materi yang diujikan di SBMPTN seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika Dasar, Ekonomi, Sosiologi, Sejarah, dan Geografi. Percobaan pertama, gue menerapkan sistem belajar satu mapel per hari, artinya setiap hari belajar mapel berbeda dengan bab yang acak. Sistem ini gue rasa kurang pas karena gue gak bisa fokus terhadap mapel tertentu sehingga sama aja kayak belajar setengah-setengah. Ditambah kala itu (November 2015) masih sibuk di tugas-tugas sekolah jadi pasti ada dalam satu hari gue gak belajar sama sekali buat kelarin tugas sekolah (yang menyebalkan itu). Gue mutusin untuk ngubah jadwalnya. Percobaan kedua, gue berpikir gimana caranya biar bisa fokus di satu mapel dulu, baru dilanjut mapel lainnya. Di percobaan kedua gue menerapkan sistem bab yang berbeda setiap harinya (seperti di Basic Skills) dengan mapel yang sama. Andai di mapel Sejarah ada 22 bab, target gue adalah kelarin 22 bab itu dalam 22 hari. Sosiologi ada empat belas bab, gue berasumsi selesai Sosiologi dalam empat belas hari, begitu seterusnya berlaku ke semua pelajaran.

Apakah ini bertahan lama? Tentu aja enggak. Percobaan kedua mengulang kesalahan percobaan pertama; sistem kebut yang ternyata gak efektif (ke gue, gak tau yang lain). Percobaan kedua terus berlanjut meskipun gak efektif. Gue semakin resah karena udah menginjak bulan Februari. Banyak hal yang belum gue siapin secara matang. Kali ini gue coba refleksi diri apa yang belum dikuasai dan belum kesentuh sambil iseng-iseng bikin list-nya. Percobaan ketiga gue menerapkan sistem belajar mapel dan bab apa aja yang belum gue kuasai kemudian pelajari sampe satu pekan penuh. Misalnya hari Senin belajar Ekonomi bab X, Matematika bab Y, dan Sejarah bab Z. Ini cukup efektif, lebih nangkep daripada belajar sistem kebut-kebutan. Sistem ini yang dipake sampe SBMPTN dengan beberapa modifikasi sesuatu kebutuhan.

Gue menyadari bahwa belajar gue gak kondusif dan gak efektif. Belajar efektif itu pelajarin teori, buat mind map, latihan soal per bab, dan ulangi sampe jago. Sayangnya gue melewatkan dua hal yaitu mind map dan latihan soal; keasikan nontonin teori tanpa latihan. Di atas kertas keliatannya gue belajar banyak dan keras, tapi performance ngerjain soal tipe-tipe ujian seleksi gak meningkat, cenderung gitu-gitu aja. Nilai TO SBMPTN terakhir gue nangkring di angka 20% malah. Yap, predicted result gue gak lolos SBMPTN 2016 di pilihan pertama (Manajemen UI), kedua (Manajemen UNPAD), atau ketiga (Manajemen UGM). Daripada gue renungin terus-terusan malah gak maju-maju, gue memutuskan nganggur setahun buat ikut lagi SBMPTN 2017 bareng Zenius (mungkin ditambah bimbel alumni) dengan destinasi kuliah yang sama yaitu Manajemen UI dan Manajemen UNPAD. Masih ngebet pengen di UI atau UNPAD, hehe. Lebih baik gue fokus belajar setahun penuh deh; lebih fokus, lebih leluasa waktu belajar, gak dikejar-kejar PR atau kerkel; selain itu juga nyari insight baru yang mungkin belum kepikiran sebelumnya.
Percayalah ditolak kampus lebih sakit dibanding ditolak gebetan.


Hadapi hari esok yang lebih baik dari hari ini, jangan sampai jatuh di lubang yang sama dua kali. Gue mau berbagi tips belajar efektif (in my opinion) buat pembaca yang tahun depan ikut SBMPTN lagi, kelas 12 atau alumni yang ngulang. Dikutip dari apa yang ada di kepala, koreksi kesalahan gue, dan sumber lain juga.

Pertama, kuasai setiap materi secara penuh, jangan setengah-setengah. Soal tipe SBMPTN itu tipe seleksi, bukan evaluasi kayak soal UN. Maksudnya soal tersebut dibuat bukan buat ngukur sejauh mana kemampuan peserta, tapi buat nyaring peserta yang dianggap layak untuk diluluskan di tes tersebut. Soal tipe seleksi juga gak fokus di satu topik, bisa jadi satu soal terdiri dari dua atau tiga topik sekaligus.

Kedua, bikin ringkasan (mind map lebih bagus) dengan gaya bahasa sendiri. Hal ini bisa bikin lebih cepet nangkep karena sesuai sama kapasitas tiap individu. Ringkasan dan mind map juga berguna buat ngeliat “gambaran besar” dan “jalan cerita” dari materi yang dipelajari sehingga gak perlu ribet ngafal, toh tinggal liat gambaran besarnya aja cukup buat ngejembrengin detilnya.

Ini adalah contoh mind map buatan Pras, salah satu tutor Biologi Zenius

Ketiga, always remember that practice (always) makes perfect. Kita gak akan jago nangkep bola kayak Joe Hart dengan hanya nontonin tutorial latihannya dia di YouTube tanpa nyoba praktekin langsung. Sama kasusnya kayak belajar. Selalu latihan soal sesuai bab yang baru aja dipelajari. Awalnya pasti agak susah buat ngerjain soalnya, maka dari itu bisa balik lagi liat teorinya, bikin ringkasan/mind map, ulangi lagi latihan soal. Begitu seterusnya sampe bener-bener mateng. Capek memang, percayalah buat ngampus di tempat impian itu ada sesuatu yang dibayar, hehe. Anyway kesalahan gue adalah gak bikin mind map dan gak latihan soal, so don’t repeat it in your home.

Keempat, eliminate any distractions! Pernah dong lagi belajar di sebelahnya ada hape, then BBM masuk, malah BBM-an sampe malem akhirnya gak jadi belajar? Ilangin semua yang ngeganggu kegiatan belajar, apa pun itu. Disctraction yang klise sih temen ngajakin nontonlah, pacar nge-chat-lah, main game-lah, nongkronglah, and many more. Hal itu cenderung nurunin performance belajar lho, bikin jadi males akhirnya. Tunda dulu pacarannya, simpen dulu hapenya, uninstall game-nya (kalo perlu), toh nanti setelah lulus masih bisa dilanjut, kan? Lebih puas bahkan hehe.

Gue pernah mikir bahwa setiap individu cenderung ngelakuin suatu hal kalo suasana dan fasilitasnya itu nyaman buat individunya. Maksudnya, kita akan cenderung lebih sering tidur kalo kamarnya nyaman, udaranya sejuk, kasurnya empuk, dan gak ada nyamuk. Kita juga akan cenderung lebih suka main game di PC yang berspesifikasi mumpuni dibanding yang gak memenuhi standar. Apalagi ditambah equipment-nya oke, layarnya lebar, sound-nya adem di kuping, bikin kita makin nyaman main game. Dengan logika yang sama, untuk belajar lebih nyaman, ciptakan suasana dan fasilitas belajar yang enak juga. Pencahayaan cukup, meja dan kursi yang pas sama badan, gampang ngambil keperluan belajar, gampang buat nulis, gampang buat baca, atau yang lain sesuai individu masing-masing karena secara teknis setiap orang beda. Eh ini masih di pikiran gue doang, belum terbukti secara research ya. Udah ada research-nya kabarin gue aja, hehe.

Kelima, pandang setiap hal di dunia ini dengan ilmu yang dimiliki. Dengan begitu kita bakal "ngeh" bahwa setiap ilmu yang dimilikisekecil apa pun ituberguna di realita yang ada. Contoh dari gue karena paling ngefek sih Ekonomi atau Sosiologi. Dari bab Supply & Demand di Ekonomi misalnya. Menjelang hari raya Idul Fitri, harga daging ayam atau sapi biasanya muahal gila. Pernah dong mikir, "Eh kenapa ya kok mahal banget sih?" Dalam ilmu Ekonomi, hal tersebut disebabkan adanya pergeseran kurva demand ke kanan (permintaannya meningkat) dengan asumsi kurva supply gak bergeser sehingga meskipun kuantitasnya naik, harganya pun ikut-ikutan naik. Dari bab Nilai & Norma di Sosiologi juga sama. Perhatiin deh, hal-hal yang dianggap lumrah di daerah perkotaan dan pedesaan itu beda lho. Di daerah perkotaan cenderung individu, heterogen, dan etos kerja tinggi, sedangkan di daerah pedesaan cenderung kekeluargaan, homogen, dan etos kerja seadanya. Hal tersebut disebabkan adanya perbedaan sesuatu yang dianggap berharga antara perkotaan dan pedesaan. Itu contoh kecil aja sih, masih buanyak banget contoh lainnya yang harusnya bisa kita temuin sendiri.


Meskipun gue gak lolos di perjuangan pertama, Zenius is still something special for me. Kesannya subjektif, tapi ini murni diketik dari tangan gue dan dari apa yang ada di otak gue. Belajar pake Zenius gokil parah sih. Sebelumnya gue males banget namanya belajar, atau belajar sekedar ngafal kalimat ngafal rumus doang, malah jadi nagih. Zenius Learning dan Basic Skills-nya Sabda yang ngajarin self-concept, time management, how to learn, self motivation, gimana bermatematika dengan bener, berpikir saintifik dan sosial, serta melihat realita di dunia dengan ilmu dan pengetahuan yang udah dimiliki. Masih banyak sih isinya, gak muat disebutin di sini.

Matematika pun bukan momok menakutkan lagi. Dimulai dari konsep Tiga Postulat Sabda yang tokcer mancer bikin bermatematika jadi lebih gampang. Belajar dari definisi dasar kemudian dikembangkan menjadi kompleks hingga diketahui rumusnya dari mana. Jujur aja gue pun gak hafal rumus-rumus itu, tapi mulai dari dasarnya aja nanti juga ketemu tuh rumus. Gara-gara Zenius gue jadi demen matematika di sekolah, sebelumnya kaga. Ehe...

Sosiologi yang diajarin Pio gak kalah canggih. Gak ada di primbon Zenius belajar Sosiologi ngafal poin-poin atau subjudul. Semuanya dijelasin pake analogi yang bikin gue betah banget. Esensinya dapet dan bikin gue melihat lingkungan sekitar dari berbagai sudut pandang karena masyarakat di dunia ini berbeda dan punya nilai-nilai yang dianutnya sendiri. Gak ada lagi tuh ceritanya nge-judge orang lain tanpa tau nilai norma yang berlakunya seperti apa, hehe.

Intinya Zenius itu ngajarin bahwa belajar apa pun bukan untuk nilai di sekolah atau sebatas nyari kerja doang, tapi belajar menekuni suatu bidang ilmu dan bidang lainnya agar kita bisa jadi manusia yang berkualitas, berwawasan luas, open minded, dan mengaplikasikan ilmu itu di setiap realita yang ada. Itulah hal terpenting dari nyari ilmu. Setelah mastering segala bidang, kerjaan yang berkaitan dengan hal yang kita sukai juga mampir dengan sendirinya.


Yak kira-kira begitulah cerita gue setahun kemaren berjuang belajar buat kuliah di kampus idaman. Keberhasilan bukan berarti tanpa kegagalan, keberhasilan adalah terus mencoba bangkit di kala jatuh. Mohon maklum kalo ada tulisan gue yang kurang berkenan di hati pembaca. Begini-begini gue juga masih manusia biasa yang masih makan nasi sehari-harinya. Oh iya hampir lupa, buat pembaca yang mau nanya-nanya mungkin bisa temuin gue di sosmed Instagram, AskFm, Twitter, atau Facebook.

Chrome Pointer