Tuesday, December 27, 2016

Review Zenius by Gue

Halo. Ketemu lagi ama gue. Sebelumnya gue pernah nulis tentang sepenggal kisah perjuangan gue belajar SBMPTN bersama Zenius. Kali ini gue pengen coba review Zenius secara umum. Biasa, kenalan dulu. Gue Alfinsa EP, baru saja lulus SMA tahun 2016 ini, sayangnya nggak lulus SBMPTN. Sekarang gue ikut kelas alumni di salah satu tempat bimbel ditambah belajar pake Zenius untuk nyiapin SBMPTN 2017.



Untuk lo yang belum tahu Zenius itu apa, Zenius tuh salah satu lembaga pendidikan di Indonesia yang nyediain konten-konten video belajar mulai dari SD, SMP, SMA, bahkan persiapan masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri). Cocok banget buat nyiapin ulangan harian, UAS, UTS, bahkan UN atau seleksi masuk PTN macem SIMAK, UTUL, atau SBMPTN sekalipun. Zenius tersedia dalam bentuk media belajar online zenius.net, paket Xpedia 2.0, atau DVD pembelajaran interaktif per mata pelajaran.

zenius.net interface

Kali ini gue akan ngulas beberapa poin aja. Hal yang akan gue bahas kali ini yaitu:

Kayaknya gue mesti ambil les gambar

REVIEW #1: KONTEN-KONTEN ZENIUS

Kualitas Konten
Pengalaman gue pake Zenius sejak Agustus 2015, sejauh ini Zenius nyediain konten yang oke dari sisi materinya. Materi di Zenius dijelasin secara konseptual, mulai dari dasar-dasarnya, bukan sekedar hafalan doang. Emang ada sih beberapa hal di sekolah cenderung hafalan, Zenius ngubah itu dengan cara ngejelasin penyebab-penyebabnya kenapa gini, kenapa gitu, dan penjelasan laen sehingga bisa muncul tuh ‘hafalan’. Dengan demikian, lo bukannya ‘ngafal’ tapi ‘nyiptain hafalan’ berdasarkan prinsip yang ngedasarin hafalan itu. Therefore, ilmu yang lo dapet di Zenius bakal jadi ‘pengetahuan jangka panjang’ daripada cuma buat ulangan doang.

Latihan Soal
Setiap bab di Zenius dilengkapin oleh satu set atau lebih latihan soal. Sekedar info aja, soal-soal di Zenius bisa lo download secara gratis. Latihan soal ini didesain bener-bener nguji pemahaman lo terhadap penguasaan materinya karena setau gue soal-soalnya nggak gampang dikerjain pake cara cepet tapi mesti dari konsep dasarnya. Nggak cuma set latihan soal, ada juga video pembahasan yang bikin lo makin paham esensi materinya. Selain soal-soal per bab tadi, Zenius juga nyediain banyak paket soal plus pembahasan sebagai persiapan Ujian Nasional, SBMPTN, SIMAK UI, atau UTUL UGM yang bisa dipake untuk tahu tingkat kesulitan dari tesnya (try out).

Relevansi terhadap Materi Sekolah
Zenius selalu update kontennya ngikutin arus kurikulum di sekolah. Babnya juga udah disusun sedemikian rupa deh sehingga lo yang masih duduk di bangku sekolah bisa belajar dengan nyaman tanpa khawatir materinya nggak sesuai. Karena Zenius tetep relevan terhadap materi di sekolah, lo nggak perlu takut lupa materi sekolah. Toh, tinggal pelajarin aja di Zenius? Bisa diulang-ulang sesuka hati pula. Hehe.

REVIEW #2: TUTOR

Sekilas tutor-tutor Zenius.....
Bagian ini gue prioritasin ke gaya ngajarnya sih. Harus diakui bahwa prestasi seorang tutor adalah ketika berhasil nge-transfer ilmu yang dia punya ke siapa pun itu. Dalam hal ini, tutor Zenius paling jagolah dalam hal ngajar. Berbekal wawasan yang luas, skill nyampein materi yang oke, terbuka akan hal baru, dan lain sebagainya bikin siapa pun yang diajarin bilang, “Oooohhh gitu.....” (baca: ngerti). Tutor Zenius juga nekenin ke pemahaman konsep materi, bukan hafalan-hafalan gak jelas pastinyalah ya. Lo yang baru pake Zenius SMA mungkin awalnya kaget kalo tutor ke muridnya itu pake ‘gue elo’, bukan ‘saya kamu’. Agak aneh awalnya tapi mungkin aja itu tanda bahwa seorang guru pun bukan berarti harus di atas muridnya. Singkatnya biar nggak ada jarak gitulah. Oh ya, lo juga bisa kepoin tutornya di sosmed yang mereka punya. Gue gak akan omongin hal itu di sini, hehe.

REVIEW #3: ZENIUS BLOG

Nggak cuma berkutat di pendidikan formal, Zenius juga rajin ngasih pandangan-pandangan baru di blognya. Gak percaya? Silahken klik di sini. Banyak banget yang diulas di sana, mulai dari fakta-fakta sains, tips belajar, tips milih jurusan, bahkan hal-hal kayak politik, ekonomi, wuih macem-macem deh. Baca Zen Blog tuh kayak baca paper kuliah, tapi bahasanya enteng. Artikel-artikel di sana bahasannya emang rada-rada berat gitu, gokilnya dibawain secara santai seolah lagi cerita ke temen aja gitu. Zen Blog juga nyediain kolom komentar buat lo yang pengen nanya atau diskusi ke penulis artikelnya. Lo yang nggak ngerti bisa langsung kepoin tuh kolom komentar. Tenang aja, pasti dibales kok (kalo dibaca ama penulis atau tutornya).

Penampakan Zenius Blog. Welcome to your daily dose of insightful knowledge :))

REVIEW #4: ZENIUS CLUB

“Zenius Club tuh bimbelnya Zenius yah?” tanya mereka kepada saya. Eh bukan ya. Zenius Club itu tempat nongkrongnya pengguna Xpedia 2.0. Akses ke sini cuma boleh buat pengguna Xpedia karena registrasinya ada voucher khusus. Di Zenius Club ini lo bakal ketemu ama murid online pengguna Zenius yang lain seantero Indonesia dari berbagai kalangan. Karena bentuknya forum, lo bisa interaksi ama mereka. Bisa nanya soal, minta tips, wejangan, sekedar nanya seputar sehari-hari juga bisa. Beberapa bulan terakhir ini Zenius Club juga ada TO online. Kemaren-kemaren sih masih per mata pelajaran, ke depannya per paket kali yak. Hasil TO-nya diumumin sekitar dua atau tiga hari setelah TO selesai dilaksanain. Nama yang lo input di lembar jawaban ntar muncul sama hasilnya. Dengan gitu lo bisa tau nilai-nilai yang ikut TO-nya. Asiknya lagi, forum Zenius Club itu memungkinkan postingan lo direspon oleh tutornya langsung. Gue suka banget nongkrong di sini, ngejawab pertanyaan yang gue tau gitu. Itung-itung berbagi pengalaman, haha.

Sekilas Zenius Club

Sekilas Zenius Club

REVIEW #5: BENEFITS

Langsung
Untungnya apaan pake Zenius? Buanyak hal yang bisa lo dapetin secara langsung di Zenius. Pertama, lo layaknya punya guru privat sendiri di rumah yang bikin lo bisa belajar apa aja dan kapan aja. Besok ulangan? Kepepet TO? Ngerjain PR? No problem. Zenius ada buat lo 24/7. Kedua, lo bakal dibiasain belajar mulai dari konsep dasarnya, bukan tau-tau dikasih hafalan seabrek tanpa makna. Dengan begitu, lo bakal jauh lebih ngerti tentang materinya. Lumayan kan jadi bisa ngajarin temen di sekolah kalau mereka nggak ngerti atau bahan presentasi tugas sekolah? Ketiga, lo terbiasa ngerjain soal. Tentu dong konsep butuh penerapan. Lo bisa langsung terapin konsepnya di latihan soal yang udah tersedia di Zenius. Lo nggak perlu takut ulangan, ujian, atau segala macemnya karena lo udah lebih siap secara teknis.

Nggak Langsung
Di atas gue udah ngejabarin beberapa hal untungnya pake Zenius secara langsung. Ternyata ada juga untungnya secara nggak langsung; lebih ke pembentukan pola pikir yang lebih oke baik dari manajemen diri, konsep diri, scientific thinking, social thinking, dan masih banyak hal lain yang nggak cukup gue tulis di sini. Gue dapetin itu di Zenius Learning (bukan cuma didenger, tapi diaplikasiin because this is very important). Salah satunya adalah bahwa secara gak sadar, lo bakal dilatih untuk nyari tau segala hal. Pertanyaan-pertanyaan kayak, “kenapa ya kok jadinya gini padahal kan gitu?”, “secanggih apa sih otak kita?”, “kenapa ya nilai norma masyarakat beda-beda?” dan sejuta pertanyaan lain mungkin aja lo tanyain ke diri lo. Menurut gue ini penting banget kuadrat deh karena lo jadi nggak terima atau percaya gitu aja terhadap apa yang lo dapet dari sekitar lo. Lo berusaha nyari tau jawaban seakurat mungkin untuk ngejawab itu. Percaya ama gue, segala hal jadi enak banget kalo lo mulai nanyain hal-hal tersebut (meskipun pertanyaan yang kedengernya remeh).


REVIEW #6: KEKURANGAN

Dari tadi gue ngetik panjang lebar kebanyakan ngomongin kelebihannya Zenius. Mungkin lo bertanya-tanya juga emang nggak ada kurangnya apa ni Zenius? Jawabannya, tetep ada.

Pertama, nggak bisa nanya langsung ke tutor yang bersangkutan. “Loh kan tadi ada Zenius Club gimana sih?” Yup, emang ada Zenius Club, tapi nggak semua tutor hadir di sana. Maksud gue di sini setiap lo nggak ngerti materinya, lo bisa langsung nanya gitu. Nah yang beginian Zenius agak kurang. Padahal seru tuh kalo bisa nanya gitu. Eh tapi kasian juga tutornya mesti jawab satu-satu pertanyaannya. 

Kedua, di beberapa video suaranya nggak jelas. Kayak lagi ngomong di ruangan hampa udara gitu. Kedengerannya aneh deh di websitenya. Kalo nggak salah ada di pelajaran SD materi Sains deh. Gue pengen banget ngulang materi Sains SD lagi padahal buat daily insight.

Ketiga, entah kenapa suka sign-out sendiri. Gue tinggalin buka hape kira-kira belasan menit, begitu gue next video, suruh sign-in lagi. Masalah sepele emang, tapi nggak enaklah tiap ditinggal berapa menit mesti sign-in.

Keempat, Zenius nggak ngasih info ke penggunanya begitu ada update materi. Entah penambahan bab atau rekaman tambahan. Sedikit saran sih diinfoin gitu, di sosmed misalnya jadi kita sebagai pengguna bisa tau materi apa aja yang udah di-update.

Kelima, di beberapa kasus, salah ketik (typo) di soal-soal PDF-nya. Beberapa kali gue nemuin kasus soal yang salah ketik. "Salah ketik doang wajar atuh." Bukan masalah wajar atau nggak wajarnya, salah ketik khususnya di Matematika bikin miskonsepsi jawaban. Akibatnya, meskipun lo udah ngerjain bener, tapi nggak ada jawabannya. Gue juga nemuin kasus di PDF ketikannya salah justru di video pembahasannya bener (tanpa dikoreksi tutornya). Next time saran gue sih diperiksa ulang soal-soalnya, sesuai nggak ama pembahasannya, ada nggak jawabannya, supaya meminimalisir miskonsepsi jawaban.

Beda angka 2 ama 3 aja bikin kaga ada jawabannya boy




Kira-kira begitulah review Zenius selama gue pake setahun belakangan ini. Kesannya agak subjektif tapi gue coba tulis ini seakurat mungkin based on reality-nya gimana. Semoga tulisan gue ini bisa ngebantu lo untuk tau segokil apa sih Zenius atau preview sebelum lo sendiri pake Zenius. Ada pertanyaan lanjutan, silahkan kirim message ke Instagram atau Ask.FM

Thanks in advance!

Referensi
https://www.zenius.net/
https://www.zenius.net/blog
https://www.zenius.net/blog/12699/bumi-bulat-datar-flat-earth
https://www.zenius.net/blog/13453/apa-itu-demokrasi-liberal-kapitalis-komunis-sosialis-fasis-anarkis-konservatif
https://www.zenius.net/blog/13725/kenapa-harga-naik-inflasi-ekonomi
https://www.zenius.net/blog/3984/memilih-jurusan-kuliah-pendaftaran-sbmptn
https://www.zenius.net/blog/4321/bias-konfirmasi-confirmation-bias-berpikir-seperti-ilmuwan
https://www.zenius.net/blog/category/zenius-tips
https://www.zenius.net/cg/1214/nilai-dan-norma
https://www.zenius.net/cg/14/sains-sd-kelas-4
https://www.zenius.net/cg/1676/utul-ugm
https://www.zenius.net/cg/1678/simak-ui
https://www.zenius.net/cg/44/un-ujian-nasional-sma
https://www.zenius.net/cg/45/sbmptn
https://www.zenius.net/cg/81/zenius-learning-and-xpedia-guide
https://www.zenius.net/club
https://www.zeniusmultimedia.com/



Sumber Gambar
https://d3fc3prx3nea5t.cloudfront.net/wp-content/uploads/2014/01/DONNITA-818x1024.jpg
https://d3fc3prx3nea5t.cloudfront.net/wp-content/uploads/2014/01/WISNU-OPS-243x300.jpg
https://d3fc3prx3nea5t.cloudfront.net/wp-content/uploads/2014/01/WILO-240x300.jpg
https://d3fc3prx3nea5t.cloudfront.net/wp-content/uploads/2014/04/Bang-Joni.png
https://d3fc3prx3nea5t.cloudfront.net/wp-content/uploads/2014/04/SABDA2-300x300.png
https://d3fc3prx3nea5t.cloudfront.net/wp-content/uploads/2014/04/Kak-Yoki.png
https://d3fc3prx3nea5t.cloudfront.net/wp-content/uploads/2015/12/ijul.jpg
https://d3fc3prx3nea5t.cloudfront.net/wp-content/uploads/2015/12/ivan.jpg
http://www.clipartbest.com/cliparts/aTq/oao/aTqoaozrc.jpeg
 






21 comments:

  1. wah gimana nih rasanya ga lulus. yah sekitar 4 bulanan lagi sbmptn 2017 dan saya juga adalah salah satu pesaing kamu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya lulus ya ndak enak, pengen ganti muka kalau bisa saking malunya. Usahakan terbaik aja sih.

      Delete
    2. yah begitulah ironi kehidupan anak kelas 3 sma/smk akhir (menyedihkan)

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. bos, mending belajar yang dari zenius dari mapel kelas 10,11,12 atau langsung ke sub bab SBMPTN??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subbab SBMPTN aja. Bab-bab kelas 10 sampai kelas 12 bisa dijadiin tambahan.

      Delete
  4. Contentnya sangat bagus dan bermanfaat sekali, terima kasih :)

    šŸ”· Perguruan Tinggi Indonesia Mandiri (PTIM) šŸ”·
    STMIK IM & STAN IM
    Menerima mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018
    1. Teknik Informatika (S1) Terakreditasi BAN PT
    2. Sistem Informasi (S1) Terakreditasi BAN PT
    3. Manajemen (S1) Terakreditasi BAN PT
    4. Akuntansi (S1) Terakreditasi BAN PT
    Kelas Reguler dan Karyawan
    šŸ‘‰ Jenjang S1 kelas Reguler ditempuh dalam 8 Semester (3,5 Tahun)
    šŸ‘‰ Jenjang S1 kelas Karyawan A dan Kelas Karyawan B ditempuh dalam 8 Semester (2,7 tahun), 1 semester = 4 Bulan (Tri Semester).
    šŸ“ Pendaftaran :
    šŸ‘‰ Kelas Reguler
    šŸ‘‰ Kelas Karyawan

    Info lengkap :
    šŸŒŽ www.imandiri.id/pmb
    šŸŒŽwww.stmik-im.ac.id
    šŸŒŽwww.stan-im.ac.id
    Telp : (022) 7272672 | (022) 7208180
    Fax : (022) 7271693
    WhatsApp : 082211888879
    Email : Info@stmik-im.ac.id, Info@stan-im.ac.id
    šŸ” Jl. Jakarta No. 79 Bandung 40272
    Jawa Barat – Indonesia

    ReplyDelete
  5. Kalo pake zenius.net aja hbs brp gb ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Giranti. Gue gak pernah ngitung tepatnya berapa. Nggak sebesar YouTube kalo gak salah.

      Delete
    2. klo makek zenius saya satu hari gak nyampek 250 mb, gak seperti youtube yang sehari bisa nyampai 1 gb lebih.

      Delete
  6. Kalau aku sma trus buka zenius pake laptop aku,trus adek aku yang smp juga buka dilaptopnya dalam waktu bersamaan dengan kode vouvher yang samaa,kalau begitu bisa gak? Mohom dijawab,terimakasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, selamat malam Unknown.
      Aku belum pernah coba metode kayak gitu. Kamu bisa tanya ke Customer Service Zenius terkait hal itu ya. Menurutku pribadi, hal demikian nggak bisa dilakukan untuk meminimalisasi kerugian dari PT Zenius Education itu sendiri *menurutku lho ya*

      Delete
  7. Btw kabar sbmptn 2017 lo loloskah? Gue salah satu pengguna zenius yg ga lolos ptn 2x dan akhirnya sekarang gue lanjut pts swasta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, masih ada yang baca juga rupanya. Iya, gue lolos Psikologi UI lewat SBMPTN 2017 dan Filsafat lewat UTUL UGM 2017.

      Delete
  8. itu tampilannya kek gitu aja kak? kok warnanya kek membosankan banget ya kalo zenius, kurang ada daya tariknya

    ReplyDelete
  9. Baguskah zenius? kalau temen ku lebih prefer yang lain

    ReplyDelete
  10. Apa aku doang yang belajar di zen tapi cepet bosen :( Sekarang beralih ke RG.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Well, preferensi orang beda-beda memang, nggak bisa dipukul rata.

      Delete
  11. Gimana cara menemuka subbab sbmptn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya ganti jadi UTBK sekarang. Akses di sini: https://www.zenius.net/cg/45/daftar-materi-soal-utbk

      Delete

Chrome Pointer